Minggu, 14 November 2010

Fast U'r Network Connection

Artikel bertopik cara mempercepat internet dengan mengganti DNS ini ditulis murni berdasarkan pengalaman pribadi. Yang kadang-kadang merasa bete dan kesal karena koneksi internet lelet/lemot. Apalagi, jika saat mau membuka suatu halaman website penting loadingnya lama banget. Hahaha… :D Hal ini mungkin juga pernah dirasakan para netter yang lainnya.

Di blog-blog dan forum-forum internet akan banyak kita temui berbagai macam tips dan trik mempercepat koneksi internet baik itu pakai software maupun menggunakan open DNS. Kali ini saya mau tampil sedikit beda (sama aja sebenernya :P ), semoga saja tak kalah ampuh triknya. :P

- Mengubah DNS server
Pengertian DNS (domain name system) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama host maupun nama domain dalam bentuk basis data tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet (wikipedia bahasa indonesia). Fungsinya adalah menerjemahkan nama komputer ke IP address. Adakalanya DNS bawaan dari provider (ISP) yang kita pakai adalah penyebab mengapa koneksi internet kita lelet/lemot. Ini bisa akibat Server sibuk, jaringan padat atau mungkin server tidak stabil. Dan imbasnya tentu saja browsing jadi sangat lambat atau tak bisa mengakses beberapa situs. Solusinya tentu saja mengganti dengan DNS dari pihak ketiga (third party). Ada banyak pilihan yang dapat kita gunakan secara gratis, diantaranya adalah open DNS, Google public DNS, dan DNS Nawala.

Open DNS : (bisa digunakan untuk memblok situs-situs negatif)
Primary : 208.67.222.222
Secondary :208.67.220.220

Google Public DNS :
Primary : 8.8.8.8
Secondary : 8.8.4.4

Nawala : (bisa digunakan untuk memblok situs Internet yang mengandung konten berbahaya seperti pornografi, perjudian, malware, situs phising (penyesatan) dan sejenisnya).
Primary : 180.131.144.144
Secondary : 180.131.145.145

Untuk langkah-langkah merubah konfigurasi/settingan DNS bisa dilihat di link berikut Cara setting DNS (disertai dengan gambar dan petunjuk lengkap cara merubah settingan DNS). Atau bisa juga dengan melihat video youtube di bawah ini.

Tutorial tips cara mempercepat koneksi internet dengan mengganti DNS

- Mengoptimalkan kinerja firefox (khusus pengguna browser mozilla firefox)
Cobalah menginstall software speedyfox, freeware download for free yang bisa diunduh dari situs resminya di sini speedyfox. Dengan tool gratis ini, dikatakan browser firefox kita akan mampu bekerja lebih cepat dalam meload halaman suatu website.

Oke, deh capek saya menulisnya hehe.. cukup sekian dulu tips cara mempercepat internet yang dapat saya share kali ini. Kalau ada yang punya tips lain boleh dong dishare sekalian. :D Makasih sudah berkunjung ke blog it’s my story ini. Semoga informasi di atas sesuai dengan apa yang sobat cari, bye. :D

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar