Minggu, 14 November 2010

Aman Ber"Hotspot" ria

Saat ini hotspot / wifi sudah semakin banyak tersedia di berbagai tempat umum seperti dimal-mal , restoran, tempat wisata, hotel dan masih banyak lagi. Sebenarnya jaringan hotspot pada setiap kali melakukan koneksi internet dapat membahayakan PC atau laptop anda sendiri. Hotspot itu adalah jaringan terbuka yang tidak menggunakan enkripsi sehingga ketika anda terhubung dengan pengguna hotspot lain, mereka dapat menyusup dan menimbulkan kerusakan pada komputer anda. Namun jangan sampai hal ini menyebabkan anda menjadi takut untuk menggunakan jaringan koneksi hotspot. Ada beberapa tips untuk mengamankan komputer anda ketika anda menggunakan jaringan hotspot yaitu :

1. Matikan ad-hoc mode wifi

Wifi berfungsi dalam 2 mode yaitu Infrastructure Mode yang anda gunakan ketika terhubung dengan suatu jaringan dan Ad-Hoc Mode. Ketika anda terhubung langsung pada komputer lain. Jika anda menyalakan Ad-Hoc Mode seseorang di dekat anda dapat masuk ke PC anda dengan bebas.

Jadi jangan lupa untuk mematikan Ad-Hoc Mode, dengan cara berikut ini :

* Klik Kanan icon wireless di System Tray (sudut kanan dekat jam komputer anda)
* Pilih Status, kemudian klik Properties
* Klik tab Wireless Network
* Pilih Sambungan jaringan saat ini
* Klik Properties, kemudian klik tab Association
* Hilangkan tanda cek ( √ ) pada kotak This Computer-to-computer (ad-hoc) network.
* Klik OK

2. Gunakan sebuah Wireless Virtual Private Network (VPN)

Ketika anda berda pada sebuah area hotspot, orang lain dapat melihat password, user name, email, dan apapun yang anda lakukan secara online. salah satu cara yang terbaik untuk melindungi diri anda sendiri adalah dengan menggunakan wireless VPN yang mengenkripsi semua informasi yang anda kirim dan terima secara online. Salah satunya adalah Hospot VPN yang telah terinstal bersama Windows XP sehingga anda tidak perlu mendownload softwarenya.

3. Gunakan Firewall

Firewall akan melindungi anda dari siapapun yang mencoba masuk ke komputer anda sekaligus mencegah spyware atau trojan dari PC anda untuk melakukan koneksi keluar. Untuk keamanan maksimal, jangan hanya tergantung pada firewall XP yang satu arah, tetapi gunakanlah firewall lain yang bagus. ZoneAlarm menyediakan firewall yang bisa anda gunakan dengan gratis.

4. Matikan File Sharing

Dengan memayikannya, anda telah mencegah orang lain mengambil file dari sistem anda.

Cara mematikan file sharing :

* Buka Windows Explorer, klik kanan pada drive atau folder yang anda share, pilih sharing and security
* Pada bagian Network Sharing and Security, hilangkan tanda cek (√) pada kotak Share this folder on the network
* Klik tombol Apply kemudian klik tombol OK untuk menutup kotak dialog.

5. Pastikan Hotspot yang anda gunakan resmi.

Tanyakan pada bagian informasi di mall atau restoran tempat hotspot tersebut karena bisa saja ada orang lain yang memasang hotspot di tempat umum untuk mencuri data atau informasi anda.

6. Matikan wireless adapter bila sedang offline.

Jika anda sedang offline pada sebuah area hotspot, lebih baik matikan wireless adapter. Pada windows XP, klik kanan icon wireless, kemudian pilih Disabled

7. Gunakan enkripsi email.

Aktifkan enkripsi email pada saat anda sedang berada di area hotspot.

* Pada Outlook 2003, klik menu Tools→Options
* Pada bagian secure email, beri tanda cek (√) atau klik pada kotak Encrypt Contens and attachments for outgoing messages. Klik tombol Apply, lalu klik tombol OK.

8. Perhatikan di sekeliling anda

Untuk mencuri password dan user name anda, orang lain tidak harus menggunakan cara-cara teknis. Mereka bisa aja mengintip ketika anda sedang mengetiknya.

9. Jangan pernah meninggalkan laptop anda.

Untuk ini tidak hanya mengundang hacker saja tetapi mengundang para pencuri.

Mudah-mudahan bermanfaat…

Reaksi:

1 komentar:

  1. broo., !!!tau gak cara browsing ke Internet make komputer di area hotspot !!!?

    BalasHapus