Minggu, 05 Desember 2010

ANALISIS FILM “WHEN A MAN LOVES A WOMEN” BERDASARKAN KARAKTERISTIK KOMUNIKASI DAN AXIOMA

Karakteristik Komunikasi
1. Komunikasi bersifat dinamis
Bahwa seluruh elemen yang terlibat dalam proses komunikasi memiliki hubungan dan saling mempengaruhi satu dengan yang lain nya. Adakala nya interaksi tersebut menghasilkan sebuah kerjasama yang baik tapi tak jarang pula menghasilkan sebuah kerancuan.
Contoh :
Dalam film ini terlihat bahwa hubungan antara sang suami ( Michael) dengan sang istri ( Alice ) kurang harmonis, Karena kurang adanya rasa saling mengerti dan keterus terangan antara kedua pihak sehingga memberikan efek yang tidak nyaman bagi Alice yang kemudian menumpahkan kekecewaan nya lewat miras. Singkat kata Alice menjadi seorang alcoholic lebih sebagai obat kekecewaan karena Michael jarang di rumah seperti suami pada umumnya.

2. Komunikasi tidak dapat diulang dengan cara yang sama untuk ke dua kalinya.
Setiap orang mempunyai cara beinteraksi dan berkomunikasi yang berbeda – beda. Hal tersebut sangat mempengaruhi proses komunikasi dengan individu lainnya. Apabila kita hanya menggunakan satu metode saja dan selalu di ulang - ulang dalam sebuah interaksi didalam kelas misalnya, akan sangat tidak efektif dan terkesan menjemukan . Maka di butuhkan metode baru dan sebuah penyegaran sebagai variasi agar tidak terlihat fakum.
Contoh :
Kasus kecanduan alcohol yang dialami Alice tidak dapat sembuh hanya dengan nasehat dan usaha Michael saja, maka kemudian mereka mencoba cara baru yang lebih efektif seperti menitipkan Alice ke panti rehabilitas, berkonsultasi dengan Psikolog dan menghadiri perkumpulan para keluarga yang punya masalah dengan alcohol.

3. Komunikasi di pengaruhi oleh budaya
Perbedaan budaya menjadi salah satu factor yang harus di perhatikan dalam sebuah proses komunikasi. Setidaknya kita harus melihat latar belakang daripada individu yang kita ajak berkomunikasi sehingga tidak terjadi kesalahpahaman ketika kedua individu yang berlainan latar belakang berkomunikasi.
Contoh :
Permintaan maaf Michael pada Amy ( sang pembantu ) tidak diterima. Hal terjadi karena Amy yang nyata nyata seorang china mempunyai pendirian yang kuat bahwa apabila di khianati ia tidak akan mempercayai seseorang untuk kedua kalinya. Maka meskipun Michael sudah datang dan meminta maaf kemudian memohon nya untuk kembali bekerja mengasuh anak nya, Amy tetap tak mau kembali dengan alasan tersebut. Dalam kasus ini terlihat jelas perbedaan antara orang Barat dan orang China dalam hal kepercayaan.

4. Komunikasi dipengaruhi oleh etika
Etika adalah prinsip moral, nilai – nilai atau norma dan kepercayaan yang dipakai masyarakat sebagai paduan tingkah laku mereka. Sehingga tak heran kalau masyarakat sangat menjunjung tinggi etika dalam berinterkasi dan bekomunikasi dengan lainnya.
Contoh :
Adegan ciuman yang dilakukan Michael dan Alice di berbagai tempat terbuka seperti di bar dan pantai menyalahi etika bagi sebagian komunitas, kenapa sebagian ? karena ada kelompok masyarakat lain yang menggap hal itu adalah sebuah kewajaran dan ada pula yang beraggapan bahwa hal tersebut bersifat privasi dan hanya boleh dilakukan di tempat – tempat tertentu.

Tamparan Alice pada Jessy ( anaknya ) menyalahi etika seorang ibu yang seharusnya mengasihi dan menyayangi anaknya, seharusnya meskipun anak berbuat salah tak seharusnya memperingatkan dengan cara yang tidak terpuji tersebut.

5. Komunikasi dapat disalurkan lewat media dan teknologi
Komunikasi tak terbatas hanya sebagai pecakapan 2 individu atau lebih pada suatu tempat dan dalam waktu yang bersamaan. Seiring berkembangnya teknologi maka komunikasi bisa berupa apapun yang intinya adalah penyampaian pesan antara seseorang dengan orang lain dalam berbagai media dan bentuk.
Contoh :
Hari pertama ketika Alice berada dipanti rehabilitas timbul rasa bosan dan kangen pada Michael, karena mereka terpisah oleh jarak dan terkekang oleh peraturan panti yang tidak mengijinkan untuk saling bertemu selama seminggu, maka mereka menggunakan sarana telepon untuk sekedar melepas rasa rindu yang tak terbendung ketika itu.

6. Komunikasi berbasis Kompeten
Kompetensi lebih mengacu pada kelimuan atau keahlian tertentu dalam bidang tertentu. Seorang komunikator yang memiliki pengalaman dan pengetahuan luas akan berbeda sudut pandang dan cara mereka berbicara dengan seorang komunikator yang hanya punya wawasan yang alakadarnya. Itulah yang menjadikan seseorang bernilai plus di mata orang lain.
Contoh :
Michael yang berprofesi sebagai pilot tidak mampu mengatasi masalah alkoholic istrinya, bisa jadi karena Michael tidak memiliki keahlian dalam menangani kasus tersebut, maka Michael memilih untuk menyerahkan Alice ke panti rehabilitasi dan berkonsultasi dengan Psikolog yang dianggap lebih berkompeten dalam menangani kasus tersebut.




Aksioma Komunikasi

1. Kita tidak bisa lepas dari berkomunikasi
Komunikasi adalah suatu hal yang punya maksud , disengaja dan secara tidak sadar mempengaruhi aspek kehidupan. Ketika orang lain berbicara dengan kita sewajarnya kita akan merespon dengan berbagai cara. Meskipun kadang kala kita tidak terlalu bergairah dalam menanggapinya sehingga kadang kita hanya berdiam tanpa mengucap sepatah kata pun. Tetapi sikap kurang menanggapi kita itu merupakan salah satu bentuk respon juga. Dengan kata lain kita tak bisa menghindar dari berkomunikasi dengan siapapun.

Watzlawick, Beavin, dan Jackson memiliki 4 cara untuk menghindari berkomunikasi :

a. Rejection : kita berkata terus terang bahwa kita tk tertarik pada pembicaraan teman kita
b. Acceptance : Kita menanggapi lawan bicara kita dengan selalu mengatakan “ya” misalnya, dengan tujuan supaya teman kita cepat pergi setelah selesai bercakap.
c. Disqualification : Kita menyatakan pernyataan yang tidak berhubungan supaya lawan bicara kita merasa tak dianggap dan akhirnya meninggalkan kita
d. Mencari alasan alasan yang tak bisa di sangkal lagi seperti : maaf saya capek sekali dan lain sebagainya.

Contoh :

1. Ketika Michael pulang ke rumah dan mendapati sang istri sedang bercengkerama dengan teman nya, maka Michael lebih memilih pergi dengan hanya mengatakan “ excuse me”
2. Alice pulang ke rumah dalam keadaan mabuk di waktu itu juga Michael menunggu kepulangan istrinya karena pada saat itu ia harus buru – buru terbang ke chichago. Ketika Michael bertanya pada Alice tentang keterlambatannya, Alice hanya menjawab sekedarnya dan berlalu dengan cepat.
3. Ketika Michael datang berkunjung ke panti rehabilitasi, Ia mendapati seseorang tua sedang menonton pertandingan, Pak tua tersebut berkata pada Michael tentang sesuatu yang tidak menarik, kemudian Michael hanya berlalu dengan mengangguk.

Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar